Cara Membedakan Jersey Liverpool Ori dan KW (Tittle)


Pertandingan sepak bola musim 2018/2019 telah selesai dengan hasil Liverpool keluar sebagai gelar juara Champions league dan menjadi peringkat dua di Premier League. Antusiasme kemenangan yang mewarnai seluruh penggemar Liverpool didukung dengan keluarnya jersey Liverpool yang baru.

Tim yang kini diasuh oleh Jurgen Klopp itu telah  mengumumkan keluarnya jersey baru melalui akun twitter resmi @NBFootball pada 7 Juni lalu. Liverpool merilis jersey tandang yang didominasi dengan warna putih dan warna hitam untuk lambang sponsor dan Liverpool itu sendiri.


Dirilirnya jersey Liverpool ini tentu menjadi hal yang ditunggu-tunggu pecintanya, termasuk penggemar yang berada di Indonesia. Hanya saja, penggemar di sini harus berhati-hati ketika ingin membeli jersey keluaran terbaru tersebut. Kenapa? Hal ini dikarenakan banyaknya produk KW yang berseliweran di antara produk ori.

Di Indonesia sendiri, ada 3 jenis tingkatan jersey yang beredar di pasaran, yakni jersey original, jersey grade ori, dan jersey KW. Yang paling mudah didapatkan tentu saja jersey KW. Selain lebih mudah, jersey dengan tingkatan KW ini juga memiliki harga yang lebih murah. Hanya saja, jersey ini memiliki kualitas yang di bawah standar.

Terus, apa itu jersey grade ori? Nah, jersey Liverpool juga sudah ada versi jersey grade orinya. Jersey ini yang kualitasnya berada di antara jersey ori dan KW. Jersey grade ori ini adalah replika dari jersey ori yang memiliki kualitas hampir sama dengan aslinya. Bahkan kemiripannya bisa mencapai 85%.

Biasanya, pembuatan jersey grade ori juga berasal dari luar negeri, hanya saja bukan asli produksi dari klub bola itu sendiri. Harganya lebih mahal dari jersey KW, hanya saja lebih murah dari jersey asli.

Jenis yang ketiga adalah jersey ori. Jersey Liverpool sendiri cukup sulit didapatkan di Indonesia karena pembelian yang harus dilakukan secara langsung di markas klubnya. Harga yang dibandrol juga lebih mahal. Hanya saja, jersey asli tentu memiliki kualitas dan kartu garansi yang sesuai dengan kocek yang dikeluarkan.

Sebenarnya ada banyak perbedaan yang bisa dilihat dari ketiga tingkatan jersey tersebut. Tapi, tentu saja banyak yang tidak bisa membedakan, terutama pembeli pemula yang selalu melihat harga dan bukannya kualitas jersey itu sendiri.


Nah, jika kamu ingin memiliki jersey Liverpool yang original, ada beberapa trik mudah yang bisa dijadikan panduan untuk membedakan jersey original, grade ori, maupun jersey KW. Penasaran? Cek daftar di bawah!

Warna


Yang pertama adalah membedakan warna detail. Cara ini merupakan cara yang paling mudah, karena gradasi warna memang gampang untuk diamati. Kamu tinggal melihat detail dari warna bordiran atau simbol yang ada di jersey Liverpool untuk mengetahui apakah itu asli atau tidak.

Jika itu jersey asli atau memiliki grade ori, maka jahitan yang dilakukan akan lebih rapi dengan warna yang lebih terang. Detail yang digunakan juga bisa terlihat dengan baik. Sedangkan pada jersey KW, warna cenderung lebih gelap dengan jahitan yang, jika diperhatikan, kurang rapi dan mudah luntur.

Motif


Untuk mengecek yang satu ini, kamu harus memiliki mata yang benar-benar jeli. Karena biasanya, melalui motiflah jersey Liverpool yang asli dan yang memiliki grade ori akan terlihat bedanya.

Jersey ori tentu saja akan memiliki motif dan sirkulasi udara yang sama dengan yang dipakai pemain di lapangan. Sedangkan untuk yang grade ori, biasanya motifnya akan terlihat kurang bagus. Jika kamu memang mengerti jersey, tentu akan mudah untuk mengerti perbedaan motifnya.

Sedangkan untuk jersey Liverpool yang KW akan sangat mudah dibedakan dengan yang asli. Pada jersey KW, warna yang digunakan biasanya lebih cerah atau bisa juga cenderung lebih pucat daripada yang asli. Motif yang dicetak juga biasanya tidak serapi jersey yang asli.

Detail


Detail ini biasanya akan terlewat jika dilihat oleh orang yang baru sekali dua kali membeli jersey. Detail ini biasanya adalah perbedaan antara jersey yang dipakai pemain dengan yang dijual.

Untuk jersey Liverpool asli, biasanya yang dipakai pemain memiliki ukuran yang press body sehingga tidak menghambat gerak pemain. Sedangkan untuk jersey yang dibuat khusus untuk fans, biasanya tidak memiliki ukuran yang press body. Sedangkan yang KW biasanya memiliki ukuran yang jauh lebih lebar dari yang asli.

Washing Tag


Langkah keempat yang bisa dilakukan untuk membedakan jersey original dan KW adalah dengan mengamati washing tag yang ada di bawah kerah baju. Washing tag adalah logo yang berisi cara mencuci baju dan menyetrikanya.

Pada jersey Liverpool asli, hanya ada satu washing tag yang menempel pada bawah kerah bajunya. Sedangkan pada jersey KW, jika diperhatikan, maka akan memiliki dua lembar washing tag yang berada di kerah baju.

Label Produksi


Ini adalah cara mudah lain untuk membedakan jersey asli, grade ori, maupun jersey KW, yakni melihat label produksi. Label produksi sendiri berisi tempat pembuatan jersey tersebut. Misalnya Made in China atau Made in Indonesia.

Untuk jersey Liverpool, karena bekerja sama dengan merk New Balance, tentu label produksinya adalah Made in Amerika karena New Balance sendiri memiliki pabrikan di Amerika. Sedangkan yang KW, mungkin akan berisi Made in dari negara lain.

Harga


Hal terakhir yang paling mudah untuk diamati adalah harga dari jersey tersebut. Biasanya, berdasarkan harga yang ditawarkan saja sudah tahu apakah itu asli atau KW.

Nah, untuk jersey Liverpool yang asli biasanya dibandrol dengan harga di atas 1 jutaan. Sedangkan untuk jersey grade ori biasanya memiliki kisaran harga ratusan ribu. Untuk jersey KW, tentu saja harga yang dipakai paling hanya beberapa puluh ribu saja.

Itulah beberapa cara untuk membedakan jersey Liverpool asli atau tidak. Jika sudah tahu, berhati-hatilah untuk memilih jersey. Kalau sudah bisa membedakan, siap untuk menyambut musim baru bersama jersey baru?